Kamis, April 03, 2014

ARSITEKTUR DAN SAYA




      Apasih yang dimaksud arsitektur itu ? apa sejenis makanan ? apa minuman ? yang jelas bukan keduanya . Jadi Arsitektur itu adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil
proses perancangan tersebut. Kenapa saya tertarik dengan arsitektur ? , karena saya senang dengan dunia desain. Sejak kecil saat saya umur sekitar 5 tahunan saya ingat apa cita cita impian saya  , yang pertama adalah , seniman , insinyur ,dan asitek ,tapi insinyur dan arsitek kan sama aja Cuma beda gelar kalau insinyur itu gelar sarjana Teknik dulu dan sekarang berubah jadi ST . Mengingat impian saya dulu , saya sering diremehkan ketika saya ingin menjadi seorang arsitek . Contohnya dengan guru saya , beliau pernah bilang seperti ini “ Pengen jadi arsitek kok tulisan jelek”. Hmmm , ya tapi tidak apalah memang tulisan saya selama ini memang jelek .

         
       Untuk menjadi mahasiswa arsitektur itu tidak gampang bung , kita harus melewati banyak rintangan , yaitu seleksi masuk perguruan tinggi . Saya berkali kali ikut seleksi masuk perguruan tinggi . yang pertama yaitu snmptn  , disini saya gugur karena pilihan universitas yang saya tuju itu universitas favorit , yaitu UI dan UNDIP .  Yang kedua adalah SBMPTN , yaitu seleksi tertulis masuk perguruan tinggi negeri . Saya kurang persiapan untuk ujian ini , saya merasa minder dengan teman teman , soalnya kebanyakan orang pada ikut bimbel di bimbel- bimbel unggulan, sedangkan saya tidak ikut bimbel apapun . Saya hanya meminta soal soal temen saya yang ikut bimbel , haha , gak modal sih yang penting udah usaha. Setelah itu saya mengikuti tes perguruan tinggi swasta karena tidak yakin dengan hasil sbmptn . Saya mendaftar di Universitas Trisakti , dan Universitas Tarumanegara yang terletak di kota JAKARTA . Dan akhirnya saya diterima di universitas tersebut . Tapi saya tidak jadi mengambilnya karena biaya kuliah di universitas itu “MAHAL” 12 jt /smester bung. Dan akhirnya pengumuman SBMPTN sudah keluar , dan setelah melihat hasilnya alhamdulillah ada yang nyangkut , saya senang walaupun masuk dipilihan kedua yaitu di UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Saya lumayan bangga dengan usaha saya sendiri. Karena tanpa mengikuti bimbel saya bisa masuk PTN juga .Walaupun berat meninggalkan keluarga dijakarta saya tapi saya harus melakukannya demi masa depan saya . Dan kini saya tinggal disemarang , saya disini merantau tidak ada saudara sama sekali, ya tapi sayasenang , karena saya bisa melatih kemandirian saya.Awal pertama masuk kuliah di jurusan ini saya agak bingung , karena saya masih awam ,dengan yang namanya potongan , pondasi ,ring balok , kolom sloof. Ya tapi lama kelamaan sama memahaminya . Di arsitektur itu , banyak begadangnnya , malam jadi pagi , pagi ya tetap pagi. Tapi saya tetap merasa senang menjalaninya , walaupun berjam jam gambar saya tetap tidak bosan , saya malah senang melakukannya, ketimbang pelajaran yang kebanykan teori dan hafalan. Dan sekarang saya sudah menjalankan kuliah selama dua smester ,dan saya mulai memahami lebih dalam lagi bagaimana Arsitektur itu yang sesungguhnya.
      
        Sebagai seorang arsitektur yang baik kita harus mempertimbangkan segala hal ketika merancang sebuah bangunan maupun lingkungan binaan . Dengan memperhatikan aspek sekitar kita bisa menganalisis data akan apa yang kita akan buat nanti . Seorang arsitektur itu juga harus bekerja dengan hati bukan emosi .Dengan relax kita mendesain pasti hasilnya akan memuaskan . Sekarang saya harus masih berjuang dijalan ini , dengan bekerja keras belajar di jurusan arsitektur .Tidak pernah patah semangat dan selalu taruh  mimpi lima cm dihadapanmu agar tidak pernah lepas dan selalu fokus dengan apa mimpimu . Semangat!!!!!! 

0 komentar:

Posting Komentar