Kamis, April 17, 2014

MIND MAPPING UNTUK SEORANG ARSITEK

   Arsitektur mencakup ilmu merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan,mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan,arsitektur lansekap,hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga mempertimbangkan berbagai aspek,seperti keadaan lingkungan, budaya, ekonomi, sosial dsb

   Sebagai seorang arsitek kita harus bisa memahami berbagai macam unsur unsur dalam merencanakan sebuah desain .Untuk memudahkan pemahaman terkait arsitektur yang mencakup banyak hal kita dapat menggunakan Mind Map, karena Mind Map mampu mengoptimalkan kemampuan otak kita serta memudahkan kita memahami setiap elemen di dalam struktur yang kompleks.Berikut ini adalah contoh contoh mind mapping yang berguna untuk arsitektur.





Mind mappig di atas ini menjelaskan tentang bagaimana pemikiran konsep desain yang terbentuk dari berbagai macam unsur desain, seperti struktur ,proses , dan prinsip desain . Tujuan membuat konsep desain menggunakan mind mapping ini adalah untuk memudahkankita dalam mengembangkan ide ide yang kita punya untuk menuangkannya kedalam konsep desain arsitektur , dan juga memudahkan kita untuk mengelompokan data




Selanjutnya adalah contoh dari mind mapping dalam merencanakan perancangan terstruktur.Untuk membuat itu semua kita harus mengetahui aspek aspek apa saja untuk melaksanakan perancangan terstruktur.





Mind Map tersebut menjelaskan tentang beberapa bangunan yang telah dibangun mulai dari jatuhnya Kekaisaran Romawi pada abad ke-5 sampai berakhirnya aliran Renaissance pada abad ke-15. Dalam banguna tersebut terdapat ciri khas masing;masing dengan menyesuaikan dengan waktu sekitar dengan adanya bangunan yang dibuat sesuai dengan zamannya. Beberapa di antaranya yaitu Pantheon Romawi, Gereja Basilika St. Paulus, dll.





Mind mapping diatas adalah The Museum Mind Map yaitu sebuah mind mapping yang digunakan untuk  membantu arsitek dalam memahami konsep desain tentang merancang sebuah museum yang muncul dalam permasalahan tertentu. The Museum Mind Map merinci latar belakang terbentuknya museum seperti sebelumnya ada sebuah museum yang dirancang oleh Charles Rennie Macintosh dengan menyoroti sejarah, arsitektur dan kenangan museum.





Contoh Mind mapping selanjutnya adalah Mind mapping tentang The Solar Panel Potential cara ini seorang akan membantu arsitek untuk mengeksplorasi ide-ide dan cara-cara baru untuk mengumpulkan energi surya. The Solar Panel Potential Mind Map akan membantu menemukan cara bagaimana kita bisa menggunakan potensi sistem panel surya dari berbagai ukuran dan bentuk untuk menangkap dan mengumpulkan sinar matahari, ditambah bentuk lain yang mungkin seperti kubus atau kotak.

Nah itu lah informasi yang bisa saya berikan di blog ini , semoga bermanfaat , dan jangan pernah pelit dalam berbagi informasi , karena berbagi itu indah . 



2 komentar: