Selasa, April 08, 2014

Mind Mapping

Definisi Mind Mapping

Mind Map atau disebut Pemetaan pikiran dapat diartikan sebagai suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas atau informasi lainnya dalam bentuk diagram radial-hierarkis non-linier. Mind Map pada umumnya menyajikan informasi yang terhubung dengan topik sentral, dalam bentuk kata kunci, gambar (simbol), dan warna sehingga suatu informasi dapat dipelajari dan diingat secara cepat dan efisien.

Mind map pertama kali ditemukan dan dipopulerkan oleh Dr.Tony Bruzan pada tahun 1970.Pada dasarnya metode mind mapping ini berasal dari hasil penelitian tentang bagaimana caranya otak memperoleh informasi.Semua para ilmuwan menduga bahwa otak menyimpan informasi secara liniear seperti mencatat tradisional.Tapi sekarang para ilmuan sudah mengetahui bahwa otak mengambil informasi secara bercampuran antara gambar , bunyi , dan perasaan.

Mind mapping adalah suatu cara mencatat yang kreatif , efektif , dan memetakan pikiran pikiran kita secara menarik , mudah , dan berdaya guna. Mind mapping juga bisa diartikan sebagai cara mengembangkan pola pikir seseorang kesegala arah dan menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut.


Selain itu metode mind mapping juga merupakan metode yang paling baik dalam membantu proses berfikir teratur karena menggunakan teknik grafis (gambar) yang berasal dari pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci kunci universal sehingga dapat membuka pintu otak.


Manfaat Mind Mapping 

1. Meningkatkan Kreativitas seseorang.
2. Meningkatkan kemampuan menghafal dan mengingat seseorang.
3. Meningkatkan kinerja otak.
4. Meningkatkan kapasitas pemahaman.
5.Mengoptimalkan dan menyederhanakan pemikiran pada suatu bahasan.
6.Mempecepat proses pembelajaran.


Aplikasi penggunaan Mind Map dalam berbagai keperluan

Mind Map dapat digunakan secara luas baik untuk keperluan sekolah, pekerjaan dan keseharian kita.
Aplikasi di sekolah dapat digunakan untuk belajar bahasa dan tata bahasa, mempersiapkan sebuah tugas penulisan atau essay, melakukan brainstorming, dan pemecahan masalah (problem solving). Dengan Mind Map, pekerjaan di atas menjadi lebih mudah dilakukan.

Penggunaan lain di sekolah adalah membantu siswa berpikir secara kreatif sekaligus kritis, mengingat dengan baik materi pelajaran di kelas, memahami buku yang dibaca, dan penugasan lain yang diberikan. Satu hal yang penting adalah Mind Map dapat membantu siswa mempersiapkan presentasi dengan cara mengembangkan ide-ide pemikirannya.

Aplikasi Mind Map di tempat kerja juga sangat beragam diantaranya:
Membuat perencanaan bisnis terkait penjualan, pemasaran, maupun penyusunan strategi.Bagi seorang pemimpin, Mind Map sangat membantu untuk menyusun naskah pidato, ceramah ataupun materi yang akan disampaikan secara langsung kepada banyak orang.Mengorganisir sebuah proyek kecil atau besar, termasuk mengorganisir pertemuan (meeting) dengan menetapkan tujuan, agenda, dan poin-poin utama yang akan dibahas.Buat orang yang berhubungan dengan orang banyak, Mind Map dapat difungsikan untuk mengatur networking, menyusun daftar klien, dan pendekatan untuk masing-masing klien.Membuat strategi wawancara, termasuk didalamnya menyusun aspek-aspek utama yang ingin diketahui dari seorang kandidat.
Menyusun rencana penelitian atau riset dan berbagai kegiatan bisnis lainnya.

Adapun Aplikasi Mind Map dalam kehidupan sehari-hari bisa digunakan untuk mencatat dan melacak acara-acara penting, merencanakan keuangan, liburan, mencatat diary harian, menetapkan target pribadi, dan mengatur waktu serta acara yang Anda persiapkan.


The Law Of Mind Mapping 

Dalam membuat Mind Mapping juga diperlukan keberanian dan kreativitas yang tinggi. Variasi dengan huruf capital, warna, garis bawah atau simbol-simbol yang menggambarkan poin atau gagasan utama. Menghidupkan Mind Mapping yang telah dibuat akan lebih mengesankan. Membuat Mind Mapping yang terdapat didalam siswa-melalui-pembelajaran-berbasis-peta-pikiran-mind-mapping/) Tony Buzan telah menyusun sejumlah aturan yang harus diikuti agar Mind Mapping yang dibuat dapat memberikan manfaat yang optimal. Berikut adalah ringkasan dari Law of Mind Mapping :
a) Kertas: polos dengan ukuran minimal A4 dan paling baik adalah ukuran A3 dengan orientasi horizontal (Landscape). Central Topic diletakkan ditengah-tengah kertas dan sedapat mungkin berupa Image dengan minimal 3 warna.

b) Garis: lebih tebal untuk BOIs dan selanjutnya semakin jauh dari pusat garis akan semakin tipis. Garis harus melengkung (tidak boleh garis lurus) dengan panjang yang sama dengan panjang kata atau imageyang ada di atasnya. Seluruh garis harus tersambung ke pusat.

c) Kata: menggunakan kata kunci saja dan hanya satu kata untuk satu garis. Harus selalu menggunakan huruf cetak supaya lebih jelas dengan besar huruf yang semakin mengecil untuk cabang yang semakin jauh dari pusat.

d) Image:gunakan sebanyak mungkin gambar, kode, simbol, grafik, table dan ritme karena lebih menarik serta mudah untuk diingat dan dipahami. Kalau memungkinkan gunakan Image yang 3 Dimensi agar lebih menarik lagi.

e) Warna: gunakan minimal 3 warna dan lebih baik 5 – 6 warna. Warna berbeda untuk setiap BOIs dan warna cabang harus mengikuti warna BOIs.

f) Struktur:menggunakan struktur radian dengan sentral topic
terletak di tengah-tengah kertas dan selanjutnya cabangcabangnya menyebar ke segala arah. BOIs umumnya terdiri dari 2 – 7 buah yang disusun sesuai dengan arah jarum jam dimulai dari arah jam 1.

Cara Membuat Mind Mapping

1) Mulailah dari tengah kertas kosong.
1353601929311435728

2) Gunakan gambar (simbol) untuk ide utama.
1353601988298837161

3) Gunakan berbagai warna.
13536020221871671936

4) Hubungan cabang-cabang utama ke gambar pusat.
13536020512009150100

5) Buatlah garis hubung yang melengkung.
13536021551872720709

6) Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis.
135360218198274014

7) Gunakan gambar (contoh).
13536022111442032505


Selamat Mencoba , semoga informasi yang saya berika benmanfaat untuk anda .

Daftar Pustaka :

Buzan. Tony dan Barry. 2004. Memahami Peta Pikiran : The Mind Map Book. Interaksa: Batam

Buzan  Tony .1988.Super Creativity

Fortunwell.com

http://si-bunga-rumput.blogspot.com/2012/11/belajar-lebih-mudah-dimengerti-dengan.html (my blog).



0 komentar:

Posting Komentar